Pertanian di Balik Keindahan Alam Pulau Kei Kecil, Kota Tual.

Pulau kei kecil merupakan salah satu pulau di Kepulauan Kei, Provinsi Maluku yang memiliki sejuta keindahan alam di dalamnya. Kei kecil memiliki topografi yang dataran rendah yang terbentuk dari koral yang terangkat ke permukaan sehingga sulit untuk ditanam tanaman pangan. Saat ini pertanian di kepulauan ini sudah mulai berkembang di seluruh wilayah kei kecil. Salah satunya adalah kota tual.

Kota Tual merupakan kota baru hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun 2008 sebagai kota Administratif. Secara astronomi, Kota Tual terletak antara 5o sampai 6o lintang selatan dan 131o sampai 133,5o Bujur Timur. Kota Tual memiliki 19.088,29 Km2 dengan luas daratan 352,29 Km2 dan luas perairan 18.736 km2, yang terdiri dari 4 kecamatan. Komoditi unggulan Kota Tual yaitu sektor perkebunan dan pertanian (hortikultura). Sebagai salah satu sektor penting. Pertanian merupakan faktor yang penting untuk kelangsungan hidup manusia, karena semakin bertambahnya penduduk maka kebutuhan konsumsi pertanian juga meningkat. Peningkatan hasil pertanian perlu di dorong oleh sumber daya manusia dan teknologi yang mendukung untuk upaya tersebut.

Kepala Dinas pertanian kota tual Ir. Irene .A .Ngabalin, menyampaikan dalam sambutannya pada pembukaan acara kegiatan penyuluhan pertanian organik  “mari bercocok tanam dengan baik demi menghasilkan hasil yang lebih, dengan tujuan mensejakterakan para petani mendapatkan hasil dan harga jual yang tinggi, untuk itu dinas pertanian kota tual membantu dalam upaya peningkatan hasil pertanian dengan memberikan kebutuhan yang dibutuhkan para petani, serta menyarankan setiap kelompok tani membagi komoditi sayuran dan hortikultura agar hasil yang didapatkan tidak menumpuk karena hasil yang banyak mempengarahi harga jual sayuran”.

Pada kesempatan ini tim JITU 17 berkesampatan berkunjung ke lahan pertanian di kota tual serta melakukan kegiatan penyuluhan pertanian organik yang dihadiri 23 orang serta dihadiri kepala dinas pertanian dan jajarannya, selain itu dalam upaya membantu peningkatan hasil pertanian di kota tual tim JITU 17 memberikan bantuan pupuk jitu 17 sebanyak 5 karton untuk 10 ha sebagai bentuk bantuan kami dalam memberikan teknologi terbarukan dalam pertanian. Pembaharuan informasi dalam penyuluhan sebagai langkah awal untuk memperkaya sumber daya manusia di daerah tersebut. Diharapkan dengan penggunaan pupuk jitu 17 hasil pertanian akan meningkat dan turut mensejahterakan masyarakat di pulau kei terutama di Kota Tual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.