Pemanfaatan lahan kritis untuk pertanian

Saat ini pertanian organik sedang menjadi perhatian masyarakat terkait dengan kebutuhan untuk hidup sehat dewasa ini. Pertanian organik merupakan sebuah cara untuk menghasilkan produk tanaman yang sehat tanpa menggunakan bahan kimia, penggunaan bahan kimia dalam pertanian saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan dengan kondisi lingkungan yang sudah rusak oleh aktifitas keseharian masyarakat. Kondisi lahan pertanian kritis di Jawa Barat mencapai 324 ribu hektar (Republica.co.id).
Rusaknya lingkungan membuat kendala tersendiri bila ingin dimanfaatkan untuk penanaman, salah satu kendala adalah tanah menjadi liat karena endapan dari bahan kimia pada lahan tersebut. Produk kami JITU17 merupakan pupuk hayati hasil konsorsium mikroba tanah yang dapat melarutkan endapan yang ada pada tanah, menjadi penyedia unsur hara bagi tanaman, serta biopestisida bagi tanaman sehingga pertumbuhan tanaman dapat optimal.
Penggunaan bahan kimia berlebih dan terus menerus pada lahan pertanian menyebabkan penurunan hasil tanaman dan kesehatan tanah. Intensifiksi aplikasi urea misalnya dapat menyebabkan tanah mengeras karena kadar bahan organik menurun serta menyebabkan tanah menjadi masam dan menekan pertumbuhan mikroba dalam tanah (Paryanto, 2011). Pemanfaatan pupuk JITU17 dapat mengembalikan kesehatan tanah sehingga dapat kembali produktif untuk digunakan sebagai lahan pertanian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.